Bunyi Hukum Ohm

Artikel tentang bunyi hukum ohm berikut ini akan membahas tentang sedikit teori serta perumusan Hukum Ohm yang masih erat kaitannya dengan materi Listrik Dinamis.

Bunyi hukum Ohm kurang lebih sebagai berikut:

“Besarnya kuat arus listrik yang mengalir dalam sebuah penghantar akan sebanding dengan beda potensial antara kedua ujung penghantar dan berbanding terbalik dengan besarnya hambatan penghantar tersebut.”

Hukum Ohm ini dipublikasikan oleh George Simon Ohm (fisikawan berkebangsaan Jerman) lewat sebuah paper yang berjudul The Galvanic Circuit Investigated Mathematically pada tahun 1827.

Hukum tersebut memperlihatkan bagaimana perbandingan antara Kuat Arus Listrik (I), Beda Potensial (V) dan Resistansi sebuah resistor (R).

Secara matematis Hukum Ohm dapat dituliskan sebagai berikut:

V = I x R atau I = V/R

Dimana:

V = Beda Potensial antar ujung penghantar

I = Kuat Arus Listrik

R = Resistansi/hambatan penghantar

*****

Untuk lebih memahami perbandingan antara Kuat Arus Listrik (I), Beda Potensial (V) dan Resistansi sebuah resistor (R) secara matematis, anda dapat melihat Seggi Tiga Ohm (Ohm’s Triangle) dibawah ini:

rumus hukum ohm

Jika anda sudah paham tentang rumus Hukum Ohm diatas, silahkan perhatikan contoh berikut ini!

Contoh 1

Suatu resistor yang memiliki hambatan 100 Ω, dihubungkan ke sebuah sumber tegangan (V) yang besarnya 220 Volt. Berapakah besar kuat arus yang mengalir melewati resistor tersebut?

Jawab

I = V/R

I = 220/100 = 2,2 Ampere.

Contoh 2

Besarnya kuat arus listrik yang melewati sebuah resistor (terbaca dalam Amperemeter) adalah sebesar 0,5 A ketika ujung-ujung resistor dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan 110 volt. Berdasarkan data tersebut, maka besarnya hambatan resistor tersebut adalah…..

Jawab:

R = V/I

R = 110 / 0,5

R = 220 ohm

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Meskipun Ia tidak terlalu banyak mengetahui tentang pelajaran Fisika, namun Ia menganggap bahwa berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*