Gaya Berat Dalam Fisika

Kali ini kita membahas tentang gaya berat dalam Fisika. Pembahasan tentang gaya berat ini juga akan menitik beratkan perbedaan massa dan berat dalam Fisika.

Gaya berat merupakan gaya yang diakibatkan oleh pengaruh gravitasi terhadap massa suatu benda. Gaya berat ini akan berbeda-beda, tergantung berapa besar gravitasi dimana benda tersebut berada.

Gaya Berat

Lantas apa perbedaan massa dan berat? Yang perlu kita ingat, massa nilainya selalu tetap dimanapun sebuah benda berada, sedangkan berat akan berubah jika sebuah benda berada ditempat yang gravitasinya berbeda.

Contoh:

  • Jika massa seorang astronot di bumi adalah 60 kg, maka massa tersebut akan tetap 60 kg meskipun ia berada di bulan.
  • Jika diasumsikan nilai gravitasi bumi adalah 10 m/s2, maka berat astronot dibumi = 60 kg x 10 m/s2 = 600 kgm/s2 (N)
  • ┬áJika diasumsikan nilai gravitasi bulan adalah 10/6 m/s2, maka berat astronot di bulan = 60 kg x (10/6) m/s2 = 100 kgm/s2 (N)

Dari contoh diatas, dapat disimpulkan bahwa berat benda selalu tergantung terhadap gravitasi dimana benda berada. Sehingga gaya berat dapat dirumuskan secara matematis sebagai berikut:

w = m x g

dimana:

w = Berat benda

m = Massa benda

g = Gravitasi dimana benda berada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>