Gaya Listrik Statis

Gaya listrik merupakan gaya yang dialami muatan ketika berada dalam medan magnet. Gaya listrik ini juga masih termasuk dalam materi listrik statis.

Sesuai dengan artikel dasar-dasar listrik statis, dalam mempelajari materi gaya listrik, hal penting yang perlu diketahui adalah:

Hukum Coulomb

Ilmuwan yang mengamati tentang gaya antara muatan-muatan listrik ialah Charles Augustin de Coulomb. Ia mengamati bahwa gaya listrik antara dua benda bermuatan listrik:

  • Sebanding dengan muatan listrik masing-masing benda, dan
  • Berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda.

Hasil pengamatanĀ Charles Augustin de Coulomb tersebut lebih umum dikenal dengan Hukum Coulomb. Hukum Coulomb tersebut dirumuskan secara matematis sebagai berikut:

gaya coulomb

k adalah konstanta yang bernilai 9 x 109 Nm2/C2.

Medan Listrik

Medan listrik adalah ruang di sekitar muatan listrik yang masih dipengaruhi gaya listrik. Jika terdapat satu muatan lain di sekitar muatan tersebut, maka muatan itu akan mengalami gaya listrik.

Kuat medan listrik di suatu titik menunjukkan gaya yang bekerja pada muatan 1 C yang ditempatkan di titik itu. Satuan kuat medan listrik adalah Newton / Coulomb atau disingkat N/C.

Besarnya kuat medan di suatu titik dapat dirumuskan sebagai berikut:

Medan Listrik

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Meskipun Ia tidak terlalu banyak mengetahui tentang pelajaran Fisika, namun Ia menganggap bahwa berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*