Manfaat Listrik Statis

Apa manfaat listrik statis? Apakah manfaat listrik statis dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari? kali ini kita akan membahas sedikit tentang manfaat listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian listrik statis. Listrik statis sendiri dihasilkan oleh adanya medan listrik yang statis atau diam (tidak berubah dan tidak bergerak).

Manfaat Listrik Statis

Manfaat listrik statis bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, kita bisa melihat manfaat listrik statis dalam kehidupan sehari-hari berikut ini:

1. Elektroskop

Konsep tarik menarik dan tolak menolak muatan dimanfaatkan pada sebuah alat pendeteksi adanya muatan. Dengan adanya tolak menolak atau tarik menarik muatan, memungkinkan pita logam pada Elektroskop menguncup atau membuka.

2. Penangkal Petir

Muatan listrik negatif yang tertarik ke bumi sebagai kutub positif membuat loncatan listrik berdaya rusak tinggi dan suhunya bisa mencapai 28 ribu oCelcius. Hal ini membuat petir sangat berbahaya bagi manusia. Penangkal petir dibuat untuk mengalirkan elektron ke bumi agar bisa lebih aman dalam proses tertariknya elektron petir tersebut ke bumi.

3. Generator Van de Graff

Listrik statis bisa dihasilkan melalui gesekan. Hal ini dimanfaatkan pada Generator van de Graff.

Gesekan pita karet dengan silinder politilen membuat muatan negatif terdorong ke kubah generator dan tersebar merata pada kubah yang berbentuk bola.

Generator van de Graff merupakan contoh pembangkit listrik yang memanfaatkan konsep listrik statis.

4. Pelat logam pada penggumpal Asap

Pelat logam bermuatan positif pada penggumpal asap akan menarik asap yang bermuatan negatif sehingga asap akan menggumpal dan terjatuh karena gravitasi. Prinsip ini diterapkan pada cerobong asap pabrik sehingga mengurangi polusi udara.

5. Terapi medan listrik statis

Medan listrik statis sudah banyak digunakan untuk terapi dalam kesehatan. Terapi ini menggunakan arus listrik 9000 Volt dengan getaran 50 Hz yang mampu menggetarkan kotoran yang menggumpal dan menempel pada dinding pembuluh darah sehingga akan merontokkan kotoran tersebut secara perlahan-lahan.

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Meskipun Ia tidak terlalu banyak mengetahui tentang pelajaran Fisika, namun Ia menganggap bahwa berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*