Pengertian Energi Listrik dalam Fisika

Apakah anda pernah mendengar tentang energi listrik? Apakah sebenarnya pengertian energi listrik? Dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian energi listrik dalam Fisika.

Pengertian energi listrik dapat dituliskan sebagai sumber energi yang dihasilkan akibat pergerakan muatan-muatan listrik (baca: Pengertian Arus Listrik). Energi tersebut digunakan oleh peralatan yang membutuhkan listrik untuk berkerja.

Pengertian-Energi

Jika kita melihat dari awal, muatan-muatan listrik bergerak sehingga mampu menghasilkan arus listrik. Arus listrik tersebut mampu menggerakkan/menyalakan peralatan elektronik yang sumber energi utamanya adalah listrik.

Sesuai dengan hukum kekekalan energi, energi listrik merupakan salah satu sumber energi hasil perubahan  dari jenis energi lainnya. energi kimia, energi gerak, dan beberapa jenis energi lainnya dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik bisa berasal dari energi air terjun, energi cahaya matahari, energi kimia baterai, energi nuklir atau energi panas bumi.

Sumber energi dibutuhkan untuk melakukan kerja atau usaha, begitu pula peralatan elektronik. Peralatan tersebut membutuhkan sejumlah energi listrik untuk bekerja. Besarnya energi yang digunakan tergantung berapa Joule kebutuhan peralatan tersebut untuk bisa bergerak.

Jika kita mendefinisikan pengertian energi listrik hanya berdasar pada rumus energi listrik, hal itu belum tentu sepenuhnya benar, karena rumus energi listrik ada beberapa macam. Energi listrik bukan hanya sekedar besar daya per satuan waktu, karena energi listrik pun bisa anda ambil dari hasil perkalian tegangan, kuat arus listrik, dan waktu dan masih ada beberapa rumus energi listrik lainnya.

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Meskipun Ia tidak terlalu banyak mengetahui tentang pelajaran Fisika, namun Ia menganggap bahwa berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*