Pengertian Getaran

Kali ini kita akan membahas pengertian Getaran. Materi tentang pengertian getaran sangat mudah dipahami karena aplikasinya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Getaran dan gelombang merupakan hal yang sulit dipisahkan, karena keduanya memiliki kaitan erat satu sama lain. Pada postingan kali ini, kita hanya membatasi materi sebatas pengertian getaran. Kita akan membahas materi tentang pengertian gelombang pada postingan selanjutnya.

Kata “getaran” sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kita sering melihat peristiwa getaran pada kaca ketika terdengar bunyi keras dijalan, getaran pada tanah ketika terjadi gempa bumi dan sebagainya. Tahukah anda tentang pengertian getaran? Mari kita simak lebih lanjut agar dapat lebih memahaminya.

Pengertian-Getaran

Pengertian Getaran

Pengertian Getaran adalah gerak bolak-balik melewati titik seimbang. Sebuah benda yang bergetar membutuhkan waktu untuk mencapai setiap satu getaran. Waktu tersebut dikatakan sebagai Periode dengan satuan detik.

Banyaknya getaran yang dilakukan oleh benda setiap satu detik disebut sebagai Frekuensi. Frekuensi suatu getaran dituliskan dalam satuan Hertz (Hz). Periode dan Frekuensi memiliki hubungan yang bisa dituliskan sebagai berikut:

T = t/N dan f = N/t

dengan :

  • T = Periode (sekon)
  • f = Frekuensi (Hertz)
  • N = Banyaknya getaran yang dilakukan
  • t = Waktu total selama benda bergetar

Jika diperhatikan, rumus antara periode dan frekuensi memiliki hubungan terbalik. Jadi, hubungan keduanya bisa dituliskan sebagai berikut:

f = 1/T atau T = 1/f

Jenis-jenis getaran dalam pokok bahasan pengertian getaran kali ini adalah:

  • Getaran Bebas, getaran yang terjadi saat benda diberikan gaya kemudian dilepas sehingga bergetar secara bebas
  • Getaran Paksa, getaran yang terjadi karena adanya gaya luar yang bekerja pada suatu sistem sehingga sistem tersebut bergetar.

Contoh aplikasi getaran dapat kita lihat dalam kegidupan sehari-hari, misalnya getaran pada pegas, getaran pada ayunan anak-anak, dan getaran pada bandul jam.

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Meskipun Ia tidak terlalu banyak mengetahui tentang pelajaran Fisika, namun Ia menganggap bahwa berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*