Kalor Jenis Zat

Pada kesepatan kali ini kita akan membahas tentang kalor jenis zat. Pengertian kalor jenis akan membuka pembahasan kita tentang kalor jenis zat. Pembahasan kali ini masih merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang pengertian kalor.

Pengertian kalor jenis zat adalah kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram zat sebanyak 1 derajat Celcius. Atau dalam satuan sistem internasional (SI), kalor jenis merupakan banyaknya kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 kg zat sebesar 1 Kelvin.

Sebagai contoh, jika c merupakan besarnya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 gram air hingga suhunya naik sebesar 1 derajat celcius, maka nilai c tersebut disebut sebagai kalor jenis air.

Pengertian Kalor

*******

Misalnya: Jika kalor jenis zat 450 J/kg0C, maka angka tersebut berarti bahwa banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kg zat tersebut sebesar 1oC adalah 450 J/kg0C.

Contoh soal

Kalor jenis air adalah 1.000 kal/g0C. Hitunglah kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan  10 gram air hingga suhunya naik sebesar 10 oC!

Penyelesaian:

Agar 1 gram air suhunya naik 1oC dibutuhkan 1000 kal/g0C.

Maka untuk menaikkan suhu 10 gram air hingga naik 10 0C dibutuhkan kalor sebesar 10 gram x 10 0C x 1000 kal/g0C.

*******

Pembahasan tentang kalor jenis zat diatas merupakan contoh singkat agar siswa mampu memahami materi ini dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Anda dapat membaca tulisan tentang contoh soal kalor untuk memperdalam pengetahuan anda tentang pengertian kalor jenis zat.

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Senang berbagi informasi tentang pelajaran Fisika. Berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*