Dasar-dasar Listrik Statis

Kali ini dibahas tentang Pengertian Listrik Statis. Pengertian listrik statis adalah listrik yang dihasilkan oleh medan listrik statik diam (tidak berubah dan bergerak). Cabang ilmu pengertahuan yang berkaitan tentang listrik statis disebut Elektrostatik.

Bagian-bagian penting yang harus dipelajari dalam listrik statis adalah:

  • Muatan Listrik
  • Medan Listrik
  • Konduktor
  • Isolator

Muatan Listrik

Muatan listrik terdiri atas muatan listrik positif (proton) dan muatan listrik negatif (elektron). Setiap benda tersusun atas atom-atom. Didalam atom tersebut terdapat inti atom dan elektron.

Di dalam inti atom terdapat proton dan netron (muatan bersifat netral). Elektron selalu bergerak mengitari inti atom. Elektron dapat bergerak mengelilingi inti atom disebabkan oleh gaya listrik.

Satuan muatan listrik adalah Coulomb (C) dengan nilai 9 x 109 Nm2/C2.

Medan Listrik

Muatan listrik di dalam suatu ruangan akan menyebabkan adanya gaya tarik menarik/tolak menolak setiap muatan listrik, gaya tersebut disebut sebagai gaya Coulomb. Medan listrik merupakan besar gaya yang dihasilkan oleh satu titik muatan listrik sebesar:

medan listrik

Konduktor

Konduktor adalah penghantar listrik yang baik. Hampir semua jenis logam merupakan konduktor. Ketika salah satu ujung konduktor diberi muatan listrik negatif, muatan listrik tersebut akan disebarkan ke seluruh permukaan konduktor dengan cepat.

Jika konduktor berbentuk bola, maka muatan yang diberikan akan disebarkan keseluruh permukaan bola. Tapi jika konduktor tidak berbentuk bola, maka muatan yang diberikan akan lebih banyak terkumpul di bagian yang lebih lancip.

Isolator

Isolator adalah penghantar listrik yang buruk. Karet dan pipa plastik merupakan contoh isolator.

Bahan yang termasuk Isolator berguna pula sebagai penghalang atau pemisah antara konduktor dengan konduktor lainnya agar muatan tidak bisa berpindah keluar dari konduktor.

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Meskipun Ia tidak terlalu banyak mengetahui tentang pelajaran Fisika, namun Ia menganggap bahwa berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*