Rumus Daya Listrik dalam Fisika

Sebelum membahas tentang rumus daya listrik, ada baiknya kita membahas pengertian daya listrik terlebih dahulu. Artikel yang kita bahas sekarang tidak terlepas dengan artikel tentangĀ Beberapa Rumus Energi Listrik yang Perlu Diketahui, sehingga sangat perlu bagi anda untuk membaca keduanya.

Pengertian daya listrik adalah banyaknya energi listrik yang digunakan/diperlukan/ untuk melakukan pekerjaan (usaha). Daya listrik memiliki satuan dalam SI yakni Watt.

Sebuah lampu yang bertuliskan 18 watt berarti membutuhkan energi sebesar 18 Joule untuk menyala tiap detiknya. Artinya, lampu tersebut membutuhkan 1080 J tiap menit atau 64,8 KJ tiap jamnya.

Rumus Daya Listrik

Kembali ke topik utama, bagaimana rumus daya listrik dalam perhitungan listrik? Sesuai dengan pengertian daya listrik yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumus daya listrik dapat dituliskan sebagai:

P = W/tĀ 

Dari rumus tersebut dapat diturunkan menjadi beberapa rumus daya listrik sebagai berikut:

  • P = V.I
  • P = V2/R
  • P = I2.R

Dari beberapa rumus daya listrik yang telah dituliskan tadi, kita sudah dapat menghitung berapa daya listrik dengan beberapa variasi contoh soal daya listrik. Contoh tersebut dapat kita lihat dibawah ini.

Contoh 1

Berapakah daya sebuah hambatan 20 ohm yang dihubungkan dengan sumber tegangan 12 volt?

Jawab

Kita gunakan rumus daya listrik P = V2/R, sehingga:

P = 122/20

P = 144/20

P = 7,2 watt

Contoh 2

Sebuah lampu yang bertuliskan 60 watt dihubungkan dengan sumber tegangan 100 volt dalam sebuah rangkaian listrik. Berapakah besarnya kuat arus listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut?

Jawab

Untuk menyelesaikan soal ini, kita gunakan rumus P = V.I. Kita dapat menghitung kuat arus (I) dengan mengubah rumus tersebut menjadi:

I = P/V

I = 60/100

I = 0,6 A

Bagaimana? Apakah anda sudah memahami artikel rumus daya listrik diatas? Jika ada pertanyaan atau kritik ddan saran, silahkan tinggalkan komentar anda.

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Meskipun Ia tidak terlalu banyak mengetahui tentang pelajaran Fisika, namun Ia menganggap bahwa berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*