Rumus Energi Kinetik

Rumus energi kinetik merupakan hal penting yang sangat diperlukan dalam mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan energi kinetik. Rumus ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk digunakan.

Materi hukum kekekalan energi mekanik sudah pasti akan menuliskan rumus ini karena dalam penyelesaian contoh soal hukum kekekalan energi mekanik, rumus energi kinetik sangat dibutuhkan selain rumus energi potensial.

Jika anda sering membaca posting dari datasoal.com, anda pasti akan menemukan rumus energi kinetik dalam beberapa contoh soal. Rumus tersebut biasa dituliskan sebagai berikut:

Ek = 1/2 m.v2

Penurunan Rumus Energi Kinetik

Rumus energi kinetik diatas merupakan rumus yang diturunkan dari rumus Usaha. Masih ingat rumus tentang usaha? Kalo sudah lupa, silahkan baca kembali artikel tentang Pengertian Usaha dalam Fisika.

Rumus dasar usaha biasa dituliskan: W = F.s

Dimana F = gaya (F = m.a)

Penurunan rumus energi kinetik dapat dimulai dari rumus jarak tempuh dan kecepatan benda yang memiliki kelajuan awal (vo), percepatan (a) dan waktu (t) yakni:

  • s = vo.t + 1/2 a.t2
  • vt = v+ at

Jika vo = o, dan vt = v, maka dari kedua dapat kita lakukan penurunan rumus sebagai berikut:

  • s = 1/2 a.t2
  • vt = v+ at, sehingga a = v/t

Persamaan a = v/t disubtitusikan ke rumus s = 1/2 a.t2, sehingga diperoleh rumus: s = 1/2 v.t

Jika rumus F = m.a dan s = 1/2 v.t disubtitusikan kedalam rumus usaha, maka:

  • W = F.s
  • W = (m.v/t).(1/2 v.t)
  • W = 1/2 m.v2

Rumus W = 1/2 m.v2 inilah yang biasa disebut sebagai rumus energi kinetik.

Apakah anda sudah paham tentang rumus energi kinetik diatas? Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengerjakan soal yang berhubungan dengan energi kinetik. Jika ada pertanyaan, kritik atau saran, silahkan tinggalkan komentar anda.

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Senang berbagi informasi tentang pelajaran Fisika. Berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*