Contoh Soal Getaran

Dalam postingan tentang Pengertian Getaran, telah dijelaskan bahwa getaran merupakan gerak bolak balik melalui titik seimbang. Berikut ini kita akan membahas tentang contoh soal getaran agar kita bisa lebih memahami materi getaran.

Pengertian getaran tidak dapat dipisahkan dari Periode (T) dan Frekuensi (f). Dalam contoh soal getaran berikut ini, kita akan membahas soal tentang Periode dan Frekuensi.

Selain di SMP, materi getaran juga akan di pelajari di tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMA), sehingga untuk dapat lebih memahami tentang pengertian getaran, perhatikan contoh soal getaran berikut ini.

Contoh pertama

Sebuah mistar berayun sebanyak 30 kali selama 1 menit. Hitunglah periode dan frekuensi ayunan mistar tersebut!

Jawab

Diketahui:

N = 30 kali

t = 1 menit = 60 detik

Periode ayunan mistar (T) = 60/30 = 2 sekon

Frekuensi ayunan mistar (f) = 30/60 = 0,5 Hertz

Contoh kedua

Sebuah benda bergetar dengan periode 0,5 detik. Hitunglah frekuensi getaran benda tersebut!

Jawab

f = 1/T sehingga f = 1/0,5 = 2 Hertz.

Semoga dua contoh soal getaran tersebut sudah cukup menambah kemampuan anda dalam memahami materi getaran. Pada kesempatan berikutnya akan disajikan Latihan soal tentang Getaran dan Gelombang.

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Meskipun Ia tidak terlalu banyak mengetahui tentang pelajaran Fisika, namun Ia menganggap bahwa berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*