Tekanan Hidrostatis dalam Fisika

Materi tekanan hidrostatis akan membahas tentang tekanan yang dialami oleh benda dalam air. Artikel tentang tekanan hidrostatis akan membahas seputar pengertian, rumus dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian tekanan hidrostatis adalah tekanan yang terjadi dibawah permukaan air (fluida statis). Tekanan tersebut disebabkan oleh gaya berat air terhadap benda. Gaya tersebut bergantung pada kedalaman dimana benda tersebut berada. Semakin dalam benda tersebut dari permukaan air, semakin besar pula gaya berat air terhadap benda itu.

Seperti pada artikel sebelumnya (Pengertian Tekanan dalam Fisika), tekanan hidrostatis masih memiliki satuan yang sama yakni N/m2 atau Pa.

 Pengertian-Tekanan-Hidrostatis

Rumus Tekanan Hidrostatis

Rumus tekanan hidrostatis merupakan penjabaran faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan yang diberikan oleh air terhadap benda. Faktor-faktor tersebut adalah:

  • ρ = massa jenis air (kg/m3)
  • g = gravitasi bumi (m/s2)
  • h = kedalaman air (m)

Masih ingat artikel tentang Pengertian Massa Jenis dan Cara Menghitung Massa Jenis? Artikel tersebut menuliskan bahwa massa jenis (ρ) merupakan perbandingan antara massa (m) dan volume benda (V). Sehingga gaya berat air (w) dapat dituliskan:

  • w = m.g , dengan m = ρ.V dan V = A.h
  • P = F/A atau P = w/A, sehingga P = ρ.V.g/A

Dengan memasukkan nilai V = A.h, diperoleh persamaan :

  • P = ρ.A.h.g/A

Dari faktor-faktor dan penurunan tersebut rumus tekanan hidrostatis dapat dituliskan secara matematis sebagai berikut:

PH = ρ.g.h

Apabila tekanan udara luar yang ikut berpengaruh dipermukaan air (Patm), maka rumus tekanan hidrostatis diatas akan menjadi:

PH = Patm + ρ.g.h

Aplikasi tekanan hidrostatis dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, jika kita menyelam di kolam atau di laut, kita akan merasakan tekanan pada telinga. Semakin dalam kita menyelam, maka akan semakin kuat tekanan yang kita rasakan.

The following two tabs change content below.

Lutfi

Author at Datasoal
Menyukai aktivitas blogging. Meskipun Ia tidak terlalu banyak mengetahui tentang pelajaran Fisika, namun Ia menganggap bahwa berbagi pengetahuan sekecil apapun akan menjadi hal yang paling menyenangkan di dunia maya.

Latest posts by Lutfi (see all)

Speak Your Mind

*