Akibat dari Rotasi Bumi

Akibat dari rotasi bumi sebenarnya telah kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Akibat dari rotasi bumi salah satunya adalah terjadinya siang dan malam karena pergantian bagian bumi yang disinari matahari.

Dalam pelajaran IPA, pengertian rotasi bumi sendiri adalah perputaran bumi pada poros (sumbu) nya. Perputaran bumi pada porosnya dapat dianalogikan seperti perputaran bola pada atraksi memutar bola menggunakan satu jari. Salah satu akibat dari rotasi bumi telah disinggung bahwa sinar matahari akan mengenai sebagian bumi sehingga bagian bumi tersebut mengalami siang, sedangkan bagian yang tidak mengalami penyinaran akan mengalami malam.

Akibat dari Rotasi Bumi

Akibat lain dari rotasi bumi adalah adanya perbedaan waktu di berbagai belahan dunia. Di Indonesia dikenal pembagian Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Setiap wilayah tersebut mengalami perbedaan waktu 1 jam secara berurut dari arah Barat ke Timur Indonesia.

Bumi berotasi selama 23 jam 56 menit 4 detik (sering dibulatkan menjadi 24 jam).  Periode rotasi ini disebut sebagai satu hari. Bumi menempuh 3600 bujur selama 24 jam dalam sekali rotasi. Dengan demikian, setiap 10 bujur ditempuh dalam waktu 4 menit. Dari data tersebut dapat dihitung bahwa setiap selang 10 bujur akan mengalami perbedaan waktu 4 menit.

Baca juga:   Akibat Dari Revolusi Bumi

Sebenarnya masih ada beberapa contoh lain akibat yang ditimbulkan oleh rotasi bumi. Nah, berikut ini adalah beberapa fenomena alam akibat dari Rotasi Bumi:

  1. Terjadinya pergantian siang dan malam
  2. Terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat di muka bumi
  3. Terjadinya gerak semu harian matahari dan benda-benda langit
  4. Terjadinya perubahan arah angin
  5. Bentuk bumi menjadi bulat spheroid (penggembungan di khatulistiwa dan pemapatan di kedua kutub bumi)
  6. Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi
  7. Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer
  8. Terjadinya pembelokan arah angin (pengaruh gaya coriolis)

Jika ada yang kurang, silahkan tambahkan akibat dari Rotasi Bumi lainnya pada kotak komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.