Alat Ukur Arus Listrik

Kali ini Datasoal akan membahas tentang alat ukur arus listrik. Tahukah kamu apakah alat ukur arus listrik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari?

Jika Anda sering memperhatikan tukang servis alat elektronik atau tukang instalasi listrik, pasti Anda akan melihat mereka sedang menggunakan alat ukur arus listrik. Nah, tahukah kamu apa nama alat ukur arus listrik yang mereka gunakan?

Alat ukur arus listrik dinamakan Amperemeter, sesuai dengan satuan arus listrik itu sendiri yakni Ampere. Silahkan baca materi ini dalam postingan sebelumnya yang berjudul Pengertian Arus Listrik.

Alat ukur arus listrik ini pada awalnya adalah instrumen laboratorium yang sistem operasinya bergantung pada medan magnet Bumi. Pada akhir abad ke-19, instrumen ini dikembangkan lagi dengan rancangan yang dapat dipasang pada posisi apa pun dan memungkinkan pengukuran yang akurat dalam sistem tenaga listrik. Umumnya hasil pengukuran menggunakan alat ini diberi satuan dengan huruf ‘A’ yakni Ampere. Alat ini memiliki resistansi yang sangat rendah dan selalu terhubung secara seri di sirkuit apa pun.

Baca juga:   Rangkaian Seri dan Paralel

Jenis Amperemeter

Amperemeter umumnya kita jumpai dalam jenis Amperemeter Analog dan Amperemeter Digital.

Amperemeter Analog biasanya memiliki jarum penunjuk dan skala berupa garis dan angka. Alat ukur arus listrik ini memiliki tuas yang digunakan untuk menentukan batas ukur yang dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

alat ukur arus listrik amperemeter analog

Pengguna harus memperhatikan batas ukur serta skala yang digunakan dalam melakukan pengukuran agar didapatkan hasil yang tepat. Tentu saja penggunanya harus memiliki kemampuan dasar dalam penggunaan skala alat ini.

Berbeda dengan Amperemeter Analog, Amperemeter Digital tidak memiliki jarum dan skala yang notabene dapat menyebabkan kesalahan paralaks dalam pengukuran.

alat ukur arus listrik amperemeter digital

Alat ukur arus listrik ini juga memiliki tuas untuk mengatur batas ukur, namun hasil pengukuran langsung ditunjukkan dalam angka-angka digital. Amperemeter ini dianggap lebih baik bagi pengguna pemula karena tidak memberikan kesalahan paralaks dalam pengukuran.

One Reply to “Alat Ukur Arus Listrik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.