Apa Manfaat Cermin Datar pada Periskop?

Apa manfaat cermin datar pada periskop? pernahkan Anda mendapatkan pertanyaan seperti ini? Pertanyaan tentang apa manfaat cermin datar pada periskop mungkin saja dapat kita jawab dengan sederhana, namun jika kita jelaskan dengan prinsip kerjanya akan lebih meninggalkan bekas yang lebih lama di ingatan.

Sebelum kita membahas apa manfaat cermin datar pada periskop, mungkin ada yang sempat berpikir apakah periskop memang menggunakan cermin datar? Nah, mari kita simak bersama-sama.

Apa Manfaat Cermin Datar pada Periskop?

Periskop adalah alat optik yang memungkinkan melihat objek yang tidak berhadapan langsung seperti pagar atau tembok yang cukup tinggi untuk dilihat. Dalam pemanfaatannya, periskop juga telah terbukti sangat membantu bagi para awak kapal selam untuk memiliki pemandangan di atas permukaan air. Periskop juga membantu navigasi di bawah air yang sering kita lihat pada kapal selam.

Sebuah periskop sederhana hanya membutuhkan dua keping cermin datar, sementara periskop yang lebih rumit menggunakan prisma untuk menggantikan cermin datar. Periskop yang digunakan dalam kapal selam adalah periskop kompleks dan menggunakan tabung sepanjang 10 meter untuk mendapatkan jangkauan pandang yang lebih besar.

Baca juga:   Rumus Kekuatan Lensa

Periskop dapat dibangun menggunakan sepasang cermin datar atau prisma dan tabung hampa persegi panjang memiliki jendela tampilan di bagian atas dan bawah. Cermin disusun dan dimiringkan pada sudut 45 derajat pada dua ujung lubang persegi panjang, maksudnya agar pantulan cahaya yang akan dipantulkan akan tepat mengarah ke cermin bagian bawah. Perhatikan gambar di bawah ini:

Apa Manfaat Cermin Datar pada Periskop

Dalam periskop, cahaya menyentuh cermin atas pada sudut 45° dan memantulkan pada sudut yang sama seperti yang telah dibahas di postingan sebelumnya tentang Hukum Pemantulan Cahaya dan Pembentukan Bayangan Pada Cermin Datar. Cahaya kemudian memantul ke cermin bagian bawah. Ketika pantulan cahaya menyentuh cermin kedua tersebut, cahaya dipantulkan kembali dalam sudut 45° ke mata pengguna.

Pada periskop yang lebih kompleks biasanya digunakan lensa cembung di ujung-ujung periskop. hal tersebut dimaksudkan agar objek yang diamati dapat diperbesar sesuai kebutuhan.

Penjelasan diatas diharapkan sudah mampu menjawab pertanyaan tentang apa manfaat cermin datar pada periskop. Jika penjelasan diatas cukup membantu bagi Anda, jngan sungkan untuk memberi like, share atau G+ agar dapat bermanfaat juga bagi teman-teman yang lain.

One Reply to “Apa Manfaat Cermin Datar pada Periskop?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.