Avometer Digital Sebagai Alat Ukur Listrik Multiguna

Kali ini Datasoal membahas tentang Avometer Digital. Sudah tahu tentang Avometer bukan? Avometer merupakan salah satu alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik, tegangan listrik, dan hambatan listrik.

Sebelumnya kami telah memposting tentang alat ukur arus listrik yaitu Amperemeter. BTW, AVO sendiri merupakan singkatan dari Ampere, Volt, dan Ohm, yang merupakan satuan pengukuran dari kuat arus listrik, tegangan listrik, dan hambatan listrik.

Disebut sebagai alat ukur listrik multiguna karena Avometer digital dapat digunakan untuk mengukur tiga besaran utama listrik (kuat arus listrik, tegangan listrik, dan hambatan listrik), meskipun alat ini tidak dapat digunakan untuk mengukur ketiganya secara bersamaan.

Mengapa harus menggunakan Avometer digital dan bukan Avometer analog? Jawabannya pasti dapat Anda tebak. Yup, karena penggunaannya sangat mudah, hasil pengukuran dapat langsung ditampilkan berupa angka-angka digital.

Baca juga:   Bunyi Hukum Ohm

Penggunanya tidak lagi harus melihat jarum penunjuk yang tentu saja dapat menyebabkan terjadinya kesalahan paralaks atau kesalahan dalam membaca dalam melakukan pengukuran. Selain itu, pengguna tidak harus “terlalu” memusingkan soal skala-skala yang tergantung dengan batas ukur yang ditentukan seperti pada Avometer analog.

Untuk memudahkan Anda tentang bagaimana cara menggunakan Avometer Digital, mari simak video Youtube yang kami pinjam dari Channel Aris Ahsani berikut ini:

Dengan menggunakan Avometer digital, pengguna tidak lagi ribet membaca jarum penunjukk atau harus membawa tiga alat ukur secara bersamaan jika ingin mengukur arus, tegangan, dan hambatan listrik. Kesemuanya dapat ditemukan dalam satu alat tersebut. Tentu saja dalam menggunakan alat ini kita tetap juga harus paham tentang manual penggunaan dengan belajar pada orang yang sudah mahir atau setidaknya membaca buku manualnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.