Bagaimana Bunyi Hukum Newton?

Pertanyaan pada judul postingan ini akan mengarahkan kita pada penjelasan bunyi Hukum 1 Newton, Hukum 2 Newton, Hukum 3 Newton. Postingan ini sendiri masih ada hubungannya dengan artikel tentang Pengertian Gaya dalam Fisika.

Bunyi-Hukum-Newton

Hukum 1 Newton

Hukum 1 Newton menjelaskan bahwa suatu benda yang sedang diam cenderung akan tetap diam, atau benda yang sedang bergerak lurus akan tetap bergerak lurus beraturan jika tidak ada resultan gaya yang bekerja pada benda itu.

Tidak adanya resultan gaya pada sebuah benda biasa dituliskan:

ΣF = 0

Dari penjelasan tersebut, dapat dikatakan bahwa benda cenderung untuk tetap mempertahankan posisinya. Kecenderungan ini disebut sebagai Inersia, sehingga Hukum 1 Newton biasa disebut sebagai Hukum Inersia.

Baca juga:   Contoh Soal Hukum II Newton

Hukum 2 Newton

Hukum 2 Newton menjelaskan bahwa percepatan yang dihasilkan oleh gaya yang bekerja pada sebuah benda sebanding dengan besar gaya tersebut, tapi berbanding terbalik dengan massa benda itu.

Secara matematis, Hukum 2 Newton dituliskan sebagai berikut:

a = F/m

Hukum 3 Newton

Hukum 3 Newton menjelaskan bahwa ketika gaya diberikan pada sebuah benda, maka benda tersebut memberikan gaya yang sama besar dengan gaya semula tetapi arahnya berlawanan.

Secara singkat, bunyi Hukum 3 Newton dituliskan sebagai berikut:

F aksi = – F reaksi

Tanda minus pada – F reaksi menunjukkan bahwa arah gayanya berlawanan dengan F aksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.