5 Sifat Bayangan Cermin Cekung – Pembagian Ruang

Masih ingat bagaimana bayangan cermin cekung terbentuk? Sifat bayangan cermin cekung terbentuk berbeda-beda, tergantung dimana benda tersebut diletakkan.

Pada postingan ini akan dibahas bagaimana variasi bayangan cermin cekung yang dihasilkan jika benda diletakkan pada posisi yang berbeda.

5 Sifat Bayangan Cermin Cekung Yang Harus Diketahui

Cara yang paling tepat untuk menentukan bayangan cermin cekung adalah dengan memanfaatkan sinar istimewa pada cermin cekung. Dengan memanfaatkan sinar istimewa kita dapat melukiskan bayangan yang terbentuk dengan tepat. Ingat, inilah cara yang paling direkomendasikan dalam menentukan letak dan sifat bayangan cermin cekung.

Namun, ketika kita menghadapi sebuah soal yang menanyakan tentang sifat bayangan yang harus dikerjakan dengan singkat, tentu saja kita harus bekerja dengan cara cepat pula. Dalam beberapa buku dituliskan bagaimana pembagian ruang pada cermin lengkung, salah satunya adalah cermin cekung. Mari perhatikan pembagian ruang pada cermin cekung dalam gambar berikut ini:

bayangan-cermin-cekung

Ketentuan dalam penggunaan teknik pembagian ruang tersebut adalah sebagai berikut:

Ruang Benda + Ruang Bayangan = 5

Sebagai contoh, jika benda diletakkan di ruang 2 (antara titik fokus dan titik pusat kelengkungan cermin), maka bayangan akan terbentuk di ruang 3. Sudah paham sampai disini bukan?

Selanjutnya mari kita tentukan sifat bayangan berdasarkan pembagian ruang tersebut.

Maya Tegak atau Nyata Terbalik?

Nah, pada gambar tersebut juga dituliskan bahwa jika bayangan terletak di depan cermin, maka akan bersifat nyata dan terbalik. Sedangkan jika benda terjadi di dalam cermin maka bayangan akan bersifat maya dan tegak.

Diperbesar atau diperkecil

Menentukan bayangan diperbesar atau diperkecil dapat dilihat dari perubahan ruang benda ke ruang bayangan. Dari contoh diatas dapat dilihat bahwa benda yang diletakkan diruang 2 menghasilkan bayangan di ruang 3. Angka 2 menjadi 3 menunjukkan bahwa bayangan diperbesar. Sampai disini sudah semakin paham bukan?

Baca juga:   Rumus Jarak Fokus Rabun Dekat

OK, mari kita tentukan satu per satu bayangan cermin cekung yang terbentuk berdasarkan teknik pembagian ruang diatas.

  • Jika benda terletak di ruang 1, maka bayangan akan terbentuk di ruang 5 dengan sifat: maya, tegak, diperbesar.
  • Jika benda terletak di ruang 2, maka bayangan akan terbentuk di ruang 3 dengan sifat: nyata, terbalik, diperbesar.
  • Jika benda terletak di ruang 3, maka bayangan akan terbentuk di ruang 2 dengan sifat: nyata, terbalik, diperkecil.

Jika benda diletakkan diantara ruang?

Nah, bagaimana dengan pertanyaan diatas? Bagaimana jika benda diletakkan di titik pusat kelengkungan (antara ruang 2 dan 3) dan di titik fokus (antara ruang 1 dan ruang 2)?

Nah, inilah mengapa sebelumnya saya mengatakan bahwa cara paling tepat menentukan bayangan adalah dengan memanfaatkan sinar istimewa. Sistem pembagian ruang tidak dapat menjawab kasus seperti ini bukan?

OK, langsung saja kita jawab. Dengan memanfaatkan sinar istimewa yang dimiliki oleh cermin cekung dapat kita dapatkan sifat bayangan sebagai berikut:

  • Jika benda diletakkan tepat di titik pusat kelengkungan cermin (P), bayangan akan bersifat nyata terbalik, sama besar.

benda-diletakkan-di-titik-pusat-kelengkungan

  • Jika benda diletakkan tepat di titik fokus cermin (f), bayangan tidak akan terbentuk atau tidak terjadi bayangan.

benda-diletakkan-di-titik-pusat

Semoga bermanfaat. Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, jangan sungkan untuk memberi Like, Share, atau Google +1 agar dapat bermanfaat juga bagi teman-teman yang lain.

One Reply to “5 Sifat Bayangan Cermin Cekung – Pembagian Ruang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.