Bayangan Cermin Datar

Bayangan cermin datar pada dasarnya adalah proyeksi yang sama dengan benda. Artinya bayangan cermin datar memiliki ukuran bahkan jumlah yang sama dengan benda yang berada di depannya, hanya saja arahnya berlawanan.

Sesuai dengan hukum pemantulan cahaya, jika kita berada sejauh 1 meter di depan cermin datar, maka bayangan juga akan terbentuk 1 meter dari cermin datar, bersifat maya, tegak, tetapi arahnya yang berlawanan. Jika kita menghadap ke cermin, maka bayangan tersebut akan menghadap kearah kita.

Jumlah bayangan cermin datar akan bervariasi jika dua cermin datar membentuk sudut tertentu. Seperti yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya tentang pembentukan bayangan pada cermin datar, semakin kecil sudut yang dibentuk, maka semakin banyak bayangan yang terjadi.

Baca juga portingan menarik tentang Manfaat Cermin Datar pada Periskop.

Baca juga:   Contoh Soal Rabun Jauh

Jumlah Bayangan Cermin Datar

Menghitung jumlah bayangan cermin datar dapat kita lakukan secara matematis. Jumlah bayangan cermin datar dapat dihitung menggunakan persamaan sebagai berikut:

Jumlah bayangan pada cermin datar

Dengan n = jumlah bayangan, dan α = besar sudut yang dibentuk

Contoh soal 1

Sebuah benda diletakkan ditengah-tengah dua cermin datar yang membentuk sudut 30o satu sama lain. Perkirakan jumlah bayangan benda yang terjadi!

Jawab

n = (360/30) – 1

n = 12 – 1 = 11 bayangan

Contoh soal 2

Tiga buah bayangan lilin terjadi karena sebuah lilin diletakkan di depan dua buah cermin yang membentuk sudut tertentu. Berapakah besar sudut yang dibentuk oleh kedua cermin tersebut?

Jawab

α = 360/(n+1)

α = 360/(3+1)

α = 360 / 4 = 90o

Semoga penjelasan di atas dapat membantu anda dalam memahami pembentukan bayangan pada cermin datar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.