Cara Membuat Magnet dengan Arus Listrik

Cara membuat magnet dengan arus listrik dapat dilakukan dengan sangat sederhana. Cukup dengan melilitkan kawat pada sebuah logam yang bersifat feromagnetik dan mengalirkan arus listrik di kedua ujung kawat tersebut.

Magnet yang terbuat dari arus listrik biasa disebut dengan Elektromagnetik. Cara membuat magnet dengan arus listrik dapat dilihat seperti pada gambar berikut ini:

Cara-membuat-ElektromagnetPaku terbuat dari bahan besi yang merupakan bahan penghantar listrik yang baik (feromagnetik). Kawat yang melilit di paku dapat berupa kawat tembaga dari kabel listrik yang sudah dilepaskan dari kulitnya.

Elastic band dapat berupa karet ataupun isolasi yang berfungsi untuk menahan ujung kawat di kedua kutub (positif-negatif) baterai.

Pemanfaatan Elektromagnet dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya pada alat pengangkat logam, bel listrik, dan lain-lain.

Agar lebih jelas, Datasoal membagikan Cara Membuat Magnet dengan Arus Listrik dalam bentuk video sehingga langkah-langkah pembuatannya terlihat dengan jelas. Silahkan download video Cara Membuat Magnet dengan Arus Listrik (12,3 MB) dari link di bawah ini:

File
  • Uphy81
  • October 11, 2017
  • Public

Leave a Reply

Your email address will not be published.