Cara Membuat Magnet dengan Arus Listrik

Cara membuat magnet dengan arus listrik dapat dilakukan dengan sangat sederhana. Cukup dengan melilitkan kawat pada sebuah logam yang bersifat feromagnetik dan mengalirkan arus listrik di kedua ujung kawat tersebut.

Magnet yang terbuat dari arus listrik biasa disebut dengan Elektromagnetik. Cara membuat magnet dengan arus listrik dapat dilihat seperti pada gambar berikut ini:

Cara-membuat-ElektromagnetPaku terbuat dari bahan besi yang merupakan bahan penghantar listrik yang baik (feromagnetik). Kawat yang melilit di paku dapat berupa kawat tembaga dari kabel listrik yang sudah dilepaskan dari kulitnya.

Elastic band dapat berupa karet ataupun isolasi yang berfungsi untuk menahan ujung kawat di kedua kutub (positif-negatif) baterai.

Paku yang digunakan seperti pada gambar diatas dapat digantikan dengan benda lain yang dengan mudah bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya baut, potongan logam, sekrup, dan lain-lain. Intinya logam yang digunakan merupakan konduktor atau penghantar listrik yang baik.

Video Cara Membuat Magnet dengan Arus Listrik

Agar lebih jelas, Datasoal membagikan cara membuat magnet dengan arus Listrik dalam bentuk video sehingga langkah-langkah pembuatannya terlihat dengan jelas. Silahkan tonton video Cara Membuat Magnet dengan Arus Listrik di bawah ini:

Kelebihan elektromagnet dibandingkan dengan magnet permanen adalah bahwa medan magnet dapat dengan cepat diubah dengan mengendalikan jumlah arus listrik yang mengalir dalam lilitan. Namun, tidak seperti magnet permanen yang tidak membutuhkan daya listrik, elektromagnet memerlukan pasokan arus listrik yang kontinu untuk mempertahankan medan magnet.

Manfaat Elektromagnet

Pemanfaatan elektromagnet sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari pada perangkat listrik sederhana seperti bel listrik, motor listrik, dan lain-lain. Elektromagnet juga banyak digunakan sebagai komponen perangkat listrik lainnya, seperti motor, generator, solenoida elektromekanik, relay, pengeras suara, hard disk, mesin MRI, instrumen ilmiah, dan peralatan pemisahan magnetik.

Pemanasan induksi, yang digunakan untuk memasak, manufaktur, dan perawatan medis, juga bergantung pada elektromagnet, yang mengubah arus listrik menjadi energi panas. Elektromagnet juga digunakan untuk aplikasi industri, seperti pengangkat magnet yang menggunakan daya tarik magnet untuk mengangkat benda berat atau pemisah magnetik yang bertanggung jawab untuk menyortir logam feromagnetik dari potongan logam.

Nah, cara membuat magnet dengan arus listrik diatas merupakan cara dasar untuk menghasilkan produk-produk yang sangat populer digunakan dalam bidang industri, kesehatan, dan banyak bidang lainnya yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, jangan sungkan untuk memberi like atau share agar cara membuat magnet dengan arus listrik ini bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.