Cara Menghitung Massa Jenis

Pada kesempatan ini kita membahas cara menghitung massa jenis. Sangat penting untuk mengetahui cara menghitung massa jenis secara sederhana, karena berbagai benda dapat dibedakan melalui massa jenisnya.

Hal penting yang harus diingat ialah bahwa massa jenis suatu zat berbeda-beda meskipun ukuran zat tersebut sama. Dengan dasar ini, siswa sekolah pun dapat mengetahui massa jenis suatu benda hanya dengan berbekal alat ukur massa dan alat ukur volume.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang pengertian massa jenis. Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa Massa jenis suatu benda didefinisikan sebagai perbandingan antara massa benda dengan volume benda, atau dirumuskan :

ρ = m/V

Dengan :

  • ρ = massa jenis zat (kg/m3)
  • m = massa zat (kg)
  • v = volume zat (m3)

Jika Anda masih belum bisa mengingat rumus massa jenis ini dengan baik, Anda dapat mendownload aplikasi rumus fisika untuk smartphone Android untuk mempermudah dalam mencari rumus rumus Fisika. Download aplikasi tersebut disini.

Contoh Cara Menghitung Massa Jenis

Sebagai contoh, jika sebuah benda memiliki volume 3 m3, dengan massa 1,5 kilogram, maka cara menghitung massa jenis benda tersebut adalah sebagai berikut:

Baca juga:   Pengertian Massa Jenis

Menghitung massa jenis

Jadi massa jenis benda tersebut adalah 0,5 kg/m3

Cara menghitung massa jenis sebenarnya tidak perlu terlalu mengandalkan rumus massa jenis. Cukup berpatokan pada pengertian massa jenis itu sendiri (baca kembali artikel tentang pengertian massa jenis).

Sehingga, jika ingin mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan massa jenis, anda cukup membandingkan massa zat dengan volumenya. Itulah poin penting yang harus diperhatikan dalam mengerjakan soal massa jenis, semoga bisa membantu anda.

Anda pun dapat mencoba menghitung massa jenis dari berbagai jenis kubus yang sudah disiapkan dalam KIT Fisika dilaboratorium sekolahmu. Timbang kubus-kubus tersebut, ukur panjang rusuknya untuk mengetahui volume kubus, kemudian bandingkan massa dan volume kubus itu untuk mengetahui massa jenisnya.

Untuk menguji kemampuan anda, silahkan kerjakan latihan soal Massa Jenis yang digabungkan dengan Materi Pemuaian. Silahkan klik disini.

One Reply to “Cara Menghitung Massa Jenis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.