Cara Menghitung Suhu Termometer Berbeda Skala

Bagaimanakah cara menghitung suhu termometer yang berbeda skala? Apakah cara menghitung suhu suatu termometer yang berbeda skala sudah diajarkan di sekolah?

Sebelumnya Datasoal sudah berbagi rumus termometer yang berbeda skala pada postingan yang berjudul Rumus Konversi Suhu Termometer dalam Fisika. Dalam postingan tersebut telah dituliskan rumus konversi suhu termometer yang berbeda skala.

Dalam postingan tersebut juga telah disajikan beberapa contoh soal tentang konversi suhu, misalnya dari Celcius ke Reamur, Celcius ke Fahrenheit, dan Celcius ke Kelvin.

Contoh soal yang telah dibahas pada postingan tersebut menggunakan metode perbandingan skala yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menghafal rumus. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat contoh di bawah ini:

Contoh:

Dua buah termometer berbeda skala terlihat seperti gambar berikut:

Baca juga:   Rumus Konversi Suhu Termometer dalam Fisika

Termometer

Jika termometer C menunjukkan skala 60, berapakah nilai t pada termometer A?

Penyelesaian:

Cara menghitung suhu yang ditunjukkan oleh huruf t pada gambar tersebut adalah dengan membandingkan rentang skala termometer A dan C:

  • Rentang skala A = 180 – 30 = 150
  • Rentang Skala B = 100 – 0 = 100

Perbandingan skala A dan C adalah 150 : 100 atau 3 : 2

  • (A – 30) : (C – 0) = 3 : 2
  • (t – 30) : (60 – 0) = 3 : 2
  • t – 30 = (60 x 3)/2
  • t – 30 = 90
  • t = 90 + 30 = 120

Jadi nilai t = 120 oC

Pembahasan contoh soal diatas merupakan pembahasan soal pada postingan tentang Try Out UN IPA SMP 2017. Silahkan anda coba kerjakan soal Try Out UN tersebut melalui link di bawah ini:

Link Try Out UN IPA SMP 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.