Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Setelah membahas gerak lurus beraturan kita lanjutkan dengan membahas Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pengertian gerak lurus berubah beraturan adalah gerak dalam lintasan lurus dimana kecepatannya berubah secara beraturan.

Berbeda dengan Gerak Lurus Beraturan, gerak lurus berubah beraturan dapat berarti gerak lurus dipercepat beraturan atau gerak lurus diperlambat beraturan. Lebih lanjut Datasoal akan menguraikan beberapa penjelasan sebagai berikut:

Gerak lurus dipercepat beraturan merupakan gerak lurus yang mengalami percepatan sehingga kecepatannya bertambah secara teratur.

Gerak lurus diperlambat beraturan merupakan gerak lurus yang mengalami perlambatan sehingga kecepatannya berkurang secara beraturan.

gerak-lurus-berubah-beraturan

Inti dari Gerak Lurus Berubah Beraturan

Inti dari gerak lurus berubah beraturan ialah adanya perubahan kecepatan. Dalam hal ini, terdapat perbedaan antara kecepatan awal (vo) dan kecepatan akhir (vt) yang disebabkan oleh percepatan (a) seiring dengan perubahan waktu (Δt).

Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan diperoleh dari perubahan kecepatan yang diakibatkan oleh adanya percepatan. Percepatan dapat diketahui dengan menghitung perbedaan kecepatan setiap terjadi perubahan waktu, atau biasa dirumuskan:

Baca juga:   Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan

a = Δvt = (vt – vo)/Δt

Dari rumus percepatan diatas, kita dapat menghitung besarnya kecepatan akhir sebuah benda selama waktu t. Percepatan akhir dapat dituliskan:

vt = vo + a.t

Lalu bagaimana dengan cara menghitung jarak tempuh (s) dalam gerak lurus berubah beraturan? Mudah saja, kita cukup mengambil rata-rata jarak tempuh oleh kecepatan awal dan kecepatan akhir dalam selang waktu tertentu.

Menghitung jarak bisa kita tuliskan seperti di bawah ini:

s = (vo.t + vt.t)/2

Rumus jarak tersebut kemudian diturunkan lagi menjadi:

s = vo.t + 1/2. a.t2

Contoh Soal GLBB

Sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal 4 m/s. Benda tersebut kemudian dipercepat sehingga dalam waktu 5 detik kecepatan benda itu sekarang menjadi 8 m/s. Berapakah jarak yang telah ditempuh benda tersebut?

Jawab:

Kita hitung jarak rata-rata yang telah ditempuh oleh kecepatan awal dan kecepatan akhir seperti dalam rumus diatas

s = (vo.t + vt.t)/2 = (4.5 + 8.5)/2 = (20+40)/2 = 30 meter

Untuk menambah pemahaman Anda dalam mempelajari gerak lurus berubah beraturan, silahkan baca postingan sebelumnya tentang Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan.

2 Replies to “Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.