Contoh Soal Cermin Cembung

Kali ini kita membahas tentang contoh soal cermin cembung. Sebelum membahas contoh soal cermin cembung, dalam artikel tentang cermin cembung telah dibahas bahwa sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung hanya satu, yakni selalu tegak, maya dan diperkecil. Coba baca postingan kami yang berjudul: Sifat Bayangan Cermin Cembung Paling Mudah Diingat.

Apakah memang sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung memang hanya satu? Hal tersebut tentu saja bisa kita buktikan, salah satunya ialah dengan melakukan perhitungan secara matematis seperti pada contoh soal cermin cembung berikut ini.

Contoh Soal Cermin Cembung

Sebuah benda diletakkan pada jarak 60 cm di depan cermin cembung yang memiliki jarak fokus 30 cm. Hitunglah jarak bayangan, perbesaran bayangan, dan sifat bayangan yang terbentuk!

Jawab:

Diketahui: f = -30 cm; s = 60 cm.

Penyelesaian:

  • Menghitung Jarak Bayangan

Contoh Soal Cermin Cembung_1

Contoh Soal Cermin Cembung_2

Contoh Soal Cermin Cembung_3

  • Menghitung Perbesaran Bayangan

Contoh Soal Cermin Cembung_4

  • Menentukan Sifat Bayangan

Jarak bayangan (s’) bernilai negatif menunjukkan bahwa bayangan bersifat Maya, sedangkan perbesaran yang nilainya kurang dari 1 (0,33) menunjukkan bahwa bayangan diperkecil 0,33 kali dari ukuran sebenarnya.

Bagaimana dengan posisi bayangan? Bagaimana cara menentukan bayangan tersebut tegak atau terbalik? Cara yang paling akurat ialah dengan menggambar proyeksi sinar benda tersebut dengan mengikuti sifat sinar istimewa seperti pada artikel sebelumnya tentang Cermin Cembung.

Baca juga:   Sifat Bayangan Cermin Cembung Paling Mudah Diingat

Sebagian besar orang menetapkan bahwa jika bayangan yang terbentuk pada cermin cekung maupun cembung bersifat maya, maka bayangan yang dihasilkan pasti tegak. Mungkin pendapat ini juga bisa Anda pertimbangkan 🙂

Contoh-Soal-Cermin-Cembung

Dari pembahasan contoh soal cermin cembung di atas, sifat bayangan yang terbentuk oleh cermin cembung dapat disimpulkan yaitu maya, tegak, diperkecil. Sehingga pernyataan tentang sifat bayangan pada cermin cembung di awal artikel dapat dibuktikan.

*****

Contoh soal cermin cembung diatas sepertinya cukup untuk membantu anda dalam menyelesaikan berbagai soal tentang cermin cembung, dengan syarat bahwa perhitungan secara matematisnya tidak ada kekeliruan.

Apakah anda mengalami kesulitan memahami contoh soal diatas? Silahkan explore lagi berbagai postingan tentang cermin cembung di dalam blog ini.

Jika Anda merasa bahwa postingan tentang contoh soal cermin cembung ini bermanfaat bagi Anda, jangan sungkan untuk memberikan like atau share agar postingan ini juga bermanfaat bagi orang lain.

3 Replies to “Contoh Soal Cermin Cembung”

  1. Terimakasih mas lutfi tapi kok itu malah sifat bayangannya maya tegak diperbesar ? Apa ndak seharusnya maya tegak diperkecil ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.