Contoh Soal Energi Potensial Gravitasi

Pada kesempatan ini Datasoal membahas tentang contoh soal energi potensial gravitasi. contoh soal energi potensial gravitasi sebenarnya sudah beberapa kali dibahas dalam blog ini. Anda dapat membaca beberapa contoh soal energi potensial gravitasi di artikel yang berjudul: Contoh Soal Energi Potensial.

Salah satu contoh soal energi potensial gravitasi yang umum kita dapatkan dibeberapa buku biasanya menanyakan tentang energi potensial gravitasi yang dimiliki oleh sebuah benda yang berada pada ketinggian tertentu, misalnya:

Contoh Soal Energi Potensial Gravitasi 1

Sebuah benda bermassa 2,5 kg berada pada ketinggian 8 meter dari permukaan tanah. Jika gravitasi bumi ditempat itu adalah 10 m/s2, berapakah energi potensial gravitasi yang dimiliki oleh benda tersebut?

Penyelesaian:

Energi potensial gravitasi dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Baca juga:   Lampu Tenaga Surya Sederhana Buatan Sendiri

Ep = m x g x h = 2,5 x 10 x 8 = 200 joule.

Dalam beberapa contoh lain biasanya contoh soal energi potensial gravitasi yang disajikan melibatkan hukum kekekalan energi mekanik. Silahkan lihat contohnya disini.

Contoh Soal Energi Potensial Gravitasi 2

Sebuah benda yang berada pada ketinggian 12 meter diperkirakan memiliki energi potensial sebesar 600 joule. Jika percepatan gravitasi bumi ditempat itu adalah 10 m/s2, perkirakan besar massa benda itu!

Penyelesaian:

m = Ep / (g x h) = 600 / (10 x 12) = 5 kg.

Dua contoh soal energi potensial gravitasi tersebut sepertinya sudah cukup mewakili topik postingan ini. Semoga contoh soal energi potensial gravitasi yang disajikan diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.