Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan

Sebelum membahas tentang contoh soal gerak lurus beraturan, ada baiknya anda terlebih dahulu membaca artikel terdahulu tentang Pengertian Gerak dan Gerak Lurus Beraturan. Artikel-artikel tersebut akan membantu anda dalam memahami contoh soal gerak lurus beraturan yang kita bahas dalam kesempatan ini.

Pada artikel tentang Gerak Lurus Beraturan telah dibahas dua contoh bagaimana cara menghitung parameter yang ditanyakan dalam GLB dan bagaimana rumus GLB diperoleh. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas contoh lain yang merupakan pengembangan dari konsep GLB itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak contoh berikut ini:

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan

Dua mobil A dan B yang bergerak berlawanan arah bergerak lurus beraturan saling mendekat terlihat seperti pada gambar berikut ini.

Contoh-gerak-lurus-beraturan

Jika kedua mobil terpisah sejauh 150 meter serta kecepatan masing-masing mobil adalah 10 m/s dan 20 m/s, berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga kedua mobil tepat saling bertabrakan?

Baca juga:   Apa Dimensi Momentum?

Jawab

Kedua mobil saling mendekat dengan kecepatan 10 m/s dan 20 m/s. Artinya, mobil A mendekat 10 meter detik dan mobil B mendekat 20 meter tiap detik. Total jarak kedua mobil saling mendekat adalah 30 meter tiap detik nya.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa waktu yang dibutuhkan hingga kedua mobil tepat saling bertabrakan adalah:

  • t = s/(v1+v2)
  • t = 150/(10 + 20) = 5 detik

*****

Nah, bagaimana dengan pembahasan contoh soal gerak lurus beraturan diatas? cukup mudah bukan? Waktu 5 detik tersebut diperoleh hanya apabila kedua mobil bergerak lurus beraturan. Nilai tersebut tentu saja akan berbeda jika kedua mobil tidak bergerak lurus beraturan.

One Reply to “Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.