Menghitung Gaya pada Bidang Miring

Kali ini kita akan belajar tentang gaya pada bidang miring. Artikel gaya pada bidang miring ini merupakan lanjutan dari artikel tentang pesawat sederhana yang salah satunya memuat tentang materi bidang miring.

Seperti yang telah kita ketahui, salah satu pesawat sederhana yang pernah kita pelajari adalah bidang miring. Dalam bidang miring, terdapat beberapa parameter yang mempengaruhi besarnya usaha untuk menaikkan sebuah benda. parameter tersebut adalah berat benda (w), tinggi bidang miring (h), jarak tempuh bidang miring (s) dan besarnya gaya pada bidang miring (F).

Secara singkat, parameter-parameter tersebut ditunjukkan oleh gambar berikut ini:

Gaya-bidang-miring

Jika gaya gesek pada bidang miring diabaikan, maka besarnya usaha yang digunakan untuk menaikkan benda pada bidang miring sama dengan hasil kali antara berat benda dan ketinggian bidang miring. Hubungan antara berat benda (w), tinggi bidang miring (h), jarak tempuh bidang miring (s) dan besarnya gaya pada bidang miring (F) dapat dituliskan sebagai berikut:

Baca juga:   Contoh Soal Usaha (UN 2015)

F . s = w . h

Selanjutnya, untuk menghitung gaya minimum pada bidang miring yang diperlukan untuk mendorong benda dari dasar sampai ke puncak bidang miring secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut:

F = (w . h)/s

Contoh soal:

Perhatikan gambar berikut ini!

gaya pada bidang miring 2

Berapakah besar gaya minimum yang diperlukan untuk menaikkan beban w sampai ke puncak bidang miring?

Penyelesaian:

F . s = w . h

F = (w . h)/s

F = (100 . 3)/5

F = 60 N

Jadi, besarnya gaya minimum yang diperlukan untuk memindahkan beban sampai ke puncak bidang miring aadalah 60 N.

Nah, dari penjelasan singkat tentang gaya pada bidang miring diatas, apakah ada yang ingin ditanyakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.