Getaran Pada Pegas

Pada bahasan kali ini, kita akan membicarakan getaran pada pegas. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pengertian getaran ialah gerakan bolak balik secara periodik melalui titik seimbang.

Getaran pada pegas dapat dianalogikan seperti getaran pada bandul. Hal ini karena terjadi gerakan bolak balik pegas melewati titik seimbang.

Getaran pada pegas juga memiliki gaya pemulih tegangan sesuai dengan Hukum Hooke yang bernilai:

Fs = -k . x

dimana k merupakan tetapan pegas dan x merupakan panjang peregangan.

Jika tidak terjadi redaman (pengereman), getaran pada pegas dapat dijelaskan sebagai berikut:

getaran pada pegasSuatu beban yang terikat pada pegas dapat bergetar karena adanya gaya pegas. Ketika pegas ditarik ke bawah dan dilepas, gaya pegas akan menarik beban melewati titik keseimbangan (titik dimana benda berada ketika sedang diam).

Gaya pemulih tegangan sendiri merupakan gaya yang dapat menyebabkan benda untuk kembali ke keadaan semula. Dalam hal ini, gaya pemulih tegangan sangat ditentukan oleh besarnya simpangan peregangan yang diberikan terhadap pegas. Semakin besar simpangan peregangan awal yang diberikan, semakin besar gaya pemulih tegangan yang dimilikinya.

Baca juga:   Pengertian Getaran

Di titik keseimbangan tersebut, getaran pada pegas mencapai kecepatan pegas maksimum dan meneruskan perjalanan sampai ke puncak (ke atas). Selama perjalanan dari titik seimbang sampai ke atas, gaya pegas memperlambat gerakan beban sehingga beban berhenti di puncak tertinggi.

Setelah mencapai puncak, gaya pegas kembali mendorong beban kembali melewati titik keseimbangan kemudian diperlambat lagi sampai berhenti di titik terendah.

Jika titik bawah diberi lambang A, titik keseimbangan diberi lambang B, dan titik puncak diberi lambang C, maka beban akan bergerak dari B-A-B-C-A dan seterusnya.

Getaran Harmonis Pada Pegas

Jika terjadi getaran harmonis pada pegas yang memiliki amplitudo A dan maka frekuensi pegas dapat dituliskan sebagai:

frekuensi getaran pada pegas

Sehingga periode getaran pada pegas dapat dituliskan sebagai:

Periode getaran pada pegas

Dimana m adalah massa beban dan k adalah tetapan pegas.

Mudah-mudahan postingan tentang getaran pada pegas ini dapat memberi sedikit penjelasan dan membantu pemahaman Anda.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk memberi like, share, atau Google +1 agar postingan tentang getaran pada pegas ini juga dapat bermanfaat bagi teman-teman lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.