Macam-macam Pemuaian Zat

Pada kesempatan ini kita membahas tentang macam-macam pemuaian zat. Pemuaian zat sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari baik pada zat padat, zat cair dan zat gas. Dalam artikel ini kita akan membahas secara singkat tentang pemuaian pada ketiga zat tersebut.

Pernakah anda mengamati peristiwa yang terjadi ketika sedang memasak air? Ketika air mulai mendidih, panci yang terbuat dari logam akan memuai hingga luasnya bertambah, tetapi air dalam panci tersebut tetap saja tumpah. Hal tersebut menunjukkan bahwa air juga mengalami pertambahan volume akibat pemuaian.

Pemuaian zat padat

Zat padat tidak saja mengalami pemuaian panjang, tetapi juga mengalami pemuaian luas dan pemuaian volume. Pemuaian tersebut diakibatkan oleh tinggi rendahnya perubahan suhu yang terjadi pada zat padat tersebut.

Pemuaian pada zat padat dapat dibedakan atas:

Pemuaian Panjang

Pemuaian panjang dapat dengan mudah terlihat pada sebuah batang logam yang dipanaskan. Akibat pemanasan, batang tersebut akan mengalami pemuaian panjang sebesar:

LT = Lo(1+α.ΔT)

Pemuaian Luas

Pemuaian luas dapat dilihat pada sebuah benda berbentuk keping atau lempeng. Besarnya pemuaian luas akibat perubahan suhu dapat dihitung dengan persamaan:

AT = Ao(1+β.ΔT)

Pemuaian Volume

Pemuaian volume zat padat dapat diamati pada benda yang memiliki volume yang cukup jelas misalnya pada pemuaian bola logam. Besarnya pemuian volume akibat perubahan suhu dapat dihitung dengan persamaan:

VT = Vo(1+γ.ΔT)

Catatan:

  • α = Koefisien muai panjangβ = Koefisien muai luasγ = Koefisien muai volume
  • Nilai β = 2α dan nilai γ = 3α

Pemuaian Zat

Pemuaian zat cair

Pemuaian zat cair terlihat peristiwa ketika air sedang mendidih. Air yang tumpah dari panci tersebut merupakan hasil dari pemuaian volume air akibat perubahan suhu yang dialaminya.

Pada umumnya, zat cair akan memuai bila dipanaskan dan akan menyusut apabila didinginkan. Peristiwa tersebut sedikit berbeda dengan air pada suhu tertentu. Apabila air mengalami pemanasan dari suhu 0oC sampai 4oC maka air tersebut akan menyusut. Sedangkan jika air tersebut mengalami pendinginan dari  4oC sampai 0oC, maka air tersebut akan mengalami pemuaian. Kondisi pemuaian yang tidak teratur seperti ini biasa disebut sebagai anomali air.

Pemuaian zat gas

Contoh pemuaian zat gas terlihat dalam kehidupan sehari-hari misalnya ketika balon udara dinaikkan. Balon udara yang dipanaskan akan naik karena molekul dalam balon udara mengambil ruang yang lebih besar didalam balon sehingga menjadi lebih ringan dari udara disekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.