Pengertian Besaran dan Satuan

Kali ini kita akan membahas pengertian besaran dan satuan. Dalam pokok bahasan ini kita akan membagi pengertian besaran dan satuan secara terpisah.

Agar lebih jelas, topik ini akan dibagi menjadi pengertian besaran disertai contoh besaran dan satuan yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.

Sudah siap untuk belajar? mari kita simak baik-baik uraian singkat seputar materi besaran dan satuan berikut ini.

Pengertian Besaran

Pengertian besaran, besaran adalah sesuatu yang bisa diukur dan dapat dinyatakan dalam bentuk angka. Sebuah besaran dapat diukur, sehingga hasil pengukurannya dapat dituliskan dalam bentuk angka-angka.

Tentunya hanya besaran yang memiliki angka saja yang dimaksud dalam pelajaran Fisika.

Contoh besaran dalam kehidupan sehari-hari adalah panjang, massa, waktu, volume, daya listrik, energi listrik, tegangan dan lain-lain. Intinya, segala sesuatu yang bisa diukur menggunakan alat ukur dan dapat dituliskan dengan angka dikatakan sebagai besaran.

Pengertian Satuan

besaran dan satuan

Pengertian Satuan, satuan adalah pembanding dalam suatu besaran. Dalam pengertian lain, satuan merupakan sesuatu yang digunakan untuk mendefinisikan besaran.

Sebagai contoh, hasil pengukuran panjang bisa dituliskan dalam satuan meter (m), sentimeter (cm), milimeter (mm). Waktu dapat dituliskan dalam satuan jam, menit, atau detik.

Baca juga:   Pengertian Dimensi dalam Fisika

Sebuah besaran harus menggunakan satuan agar dapat dijelaskan dengan tepat. Jika kita menyebut massa benda dengan angka 15, orang lain pasti kebingungan karena mereka bisa menduga bahwa massa benda itu adalah 15 gram, 15 ons, atau bahkan 15 kilogram.

Sebuah besaran akan berarti jika memiliki satuan. Satuan akan dinyatakan jika besarannya telah didefinisikan terlebih dahulu.

Satuan Sistem Internasional (SI)

Agar memudahkan komunikasi, dibuatkan sebuah kesepakatan agar sistem satuan dapat digunakan di seluruh dunia. Sistem tersebut dinamakan Sistem Internasional atau disingkat SI yang mulai diberlakukan tahun 1960. Dalam Sistem Internasional, satuan dibagi menjadi dua macam, yakni Besaran Pokok dan Besaran Turunan.

Besaran Pokok adalah besaran yang menjadi dasar atas besaran-besaran lain, besaran ini satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan besaran tersebut tidak diturunkan dari besaran lain. Sedangkan besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran-besaran pokok. Satuan-satuan yang digunakan juga merupakan kombinasi dari satuan besaran pokok.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang Besaran Pokok dan Besaran Turunan di artikel datasoal yang berjudul: Besaran Pokok dan Besaran Turunan

One Reply to “Pengertian Besaran dan Satuan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.