Pembentukan Bayangan pada Cermin Datar

Kali ini kita membahas tentang pembentukan bayangan pada cermin datar. Bayangan yang dibentuk oleh cermin datar sangat berbeda dengan bayangan pada cermin lain yang telah dibahas pada artikel sebelumnya tentang sifat cermin cekung dan cermin cembung.

Pembentukan bayangan pada cermin datar mematuhi syarat-syarat jalannya berkas cahaya seperti yang dikemukakan pada artikel tentang hukum pemantulan cahaya. Jika kita mengamati gambar bayangan yang dibentuk oleh cermin datar dibawah ini, kita dapat dengan mudah menyimpulkan sifat bayangan yang terjadi.

Pembentukan-Bayangan-pada-Cermin-Datar

Sifat Bayangan pada Cermin Datar

  1. Maya
  2. Tegak
  3. Sama Besar dengan ukuran benda (baik tinggi maupun lebarnya)
  4. Berlawanan dengan arah benda
  5. Jarak benda sama dengan jarak bayangan.

Berdasarkan sifat bayangan tersebut dapat kita simpulkan bahwa apapun keadaan sebuah benda pada cermin datar, bayangan yang terbentuk akan mengikuti keadaan benda tersebut, hanya saja arahnya berlawanan. Hal tersebut meliputi ukuran, posisi, serta jumlah benda yang berada di depan cermin.

Baca juga:   Hukum Pemantulan Cahaya

Jumlah bayangan pada cermin datar akan melebihi jumlah benda jika benda tersebut diletakkan di antara dua cermin datar yang membentuk sudut tertentu.

Jumlah-bayangan-pada-cermin-datar

Jumlah bayangan yang terjadi akan mengikuti persamaan matematis sebagai berikut:

Jumlah bayangan pada cermin datar

Dengan n = jumlah bayangan, dan α = besar sudut yang dibentuk cermin. Semakin kecil sudut yang dibentuk, maka semakin banyak jumlah bayangannya, begitu pula sebaliknya.

Baca juga portingan menarik tentang Manfaat Cermin Datar pada Periskop.

Artikel tentang pembentukan bayangan pada cermin datar ini mungkin sudah cukup mewakili tentang dasar-dasar cermin datar. Di artikel selanjutnya kita akan membahas tentang contoh soal cermin datar untuk memperdalam pemahaman tentang materi ini.

One Reply to “Pembentukan Bayangan pada Cermin Datar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.