Pengertian Arus Listrik

Pengertian arus listrik adalah banyaknya muatan listrik (Q) yang mengalir tiap satuan waktu (t). Sesuai pengertiannya, kuat arus listrik ditentukan oleh jumlah muatan listrik yang mengalir dalam suatu penghantar.

Pengertian Arus Listrik

Arus listrik merupakan satu dari tujuh besaran pokok menggunakan satuan berstandar internasional (SI). Keberadaan arus listrik akan sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya energi listrik yang dihasilkan oleh sebuah sumber energi listrik.

Arus listrik seringkali dianalogikan sebagai arus air. Banyaknya jumlah air yang mengalir dalam waktu tertentu akan menentukan besarnya arus air. Aliran air dapat mengalir ke beberapa percabangan. Sifat-sifat arus air tersebut yang dapat dianalogikan sebagai arus listrik.

Arus listrik (I) yang mengalir dalam suatu penghantar dihitung dengan membandingkan berapa banyak muatan yang mengalir (dalam satuan Coulomb) tiap waktu (dalam satuan detik). Akibat dari perpindahan muatan-muatan listrik tersebut, terjadilah arus yang dikenal sebagai arus listrik.

Baca juga:   Bunyi Hukum Ohm

Arus listrik dapat dirumuskan sebagai berikut:

I = Q / t

Keterangan:

I = Arus Listrik (Ampere)

Q = Muatan Listrik (Coulomb)

t = Waktu (Sekon)

Arus listrik dapat dibedakan menjadi arus listrik searah (DC) dan arus listrik bolak balik (AC). Arus listrik DC dihasilkan oleh sumber arus listrik searah seperti baterai dan aki, sedangkan arus listrik bolak balik biasa kita jumpai pada arus listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik dari PLN.

Kuat arus listrik (baik arus AC atau DC) diukur menggunakan satuan Coulomb per detik atau satuan lain seperti Ampere. Alat ukur baku yang digunakan untuk mengukur besaran ini adalah Amperemeter.

Materi yang berhubungan dengan arus listrik seperti Sumber Arus listrik, Hukum Kirchoff, dan Contoh Soal yang berhubungan akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.

4 Replies to “Pengertian Arus Listrik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.