Pengertian Gerak

Dalam pokok bahasan ini akan dibahas tentang pengertian gerak dalam dalam kehidupan sehari-hari dan dalam pelajaran Fisika. Pengertian gerak dalam kehidupan sehari-hari dapat dijelaskan secara sederhana. Jika benda berpindah atau bergeser dari tempat asalnya, kita dapat menyebutkan bahwa benda tersebut bergerak.

Dalam pelajaran Fisika, pengertian gerak bisa lebih kompleks tergantung dari titik mana sebuah benda diamati. Titik tempat pengamat berada biasanya disebut sebagai titik acuan.

Sembarang titik dapat digunakan sebagai acuan. Titik acuan tersebut bisa berupa pengamat, sudut lapangan, pinggir jalan, dan lain-lain.

So, bagaimana pengertian gerak dalam Fisika?

mobil bergerakMisalkan kita melihat sebuah mobil. Dalam Fisika, mobil dikatakan diam terhadap titik acuan jika posisinya tidak berubah terhadap titik acuan tersebut. Sebuah mobil dikatakan bergerak apabila posisi mobil berubah terhadap titik acuannya.

Apabila seseorang mengamati mobil yang sedang melintas di jalan raya, Ia dapat mengatakan bahwa mobil tersebut bergerak karena mobil itu berubah posisi dari dia sebagai pengamat.

Lain halnya jika pengamat itu adalah penumpang dalam mobil yang sedang bergerak. Ia dapat mengatakan bahwa mobil sedang tidak bergerak karena mobil tidak berubah posisi dari dia sebagai pengamat.

Baca juga:   Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan

Singkatnya, mobil bergerak menurut pengamat di pinggir jalan, tapi mobil diam menurut pengamat yang berada di dalam mobil. Perbedaan pengamatan tersebut yang menyebabkan mengapa gerak dikatakan relatif.

Secara umum, gerak dapat digolongkan atas gerak lurus dan gerak melingkar. Gerak lurus sendiri terbagi atas Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan. Kita akan membahas tentang hal itu di kesempatan berikutnya.

Bagaimana? Sudah paham tentang pengertian gerak dalam Fisika?

Hal yang harus diketahui tentang Gerak

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam mempelajari materi tentang gerak yaitu:

  • Jarak dan Perpindahan

Jarak merupakan panjang lintasan seluruhnya yang ditempuh oleh suatu benda, sedangkan perpindahan adalah panjang antara posisi awal benda sampai ke posisi akhir benda.

  • Kecepatan dan Kelajuan

Kecepatan adalah perpindahan tiap satuan waktu, sedangkan kelajuan adalah jarak tiap satuan waktu.

  • Percepatan dan perlajuan

Percepatan adalah perubahan kecepatan tiap satuan waktu, sedangkan perlajuan adalah perubahan kelajuan tiap satuan waktu

Sumber gambar: animasi-bergerak.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.