Pengertian Pesawat Sederhana dalam Fisika

Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian pesawat sederhana. Dalam Fisika, pengertian pesawat sederhana berawal dari pengertian pesawat dalam kehidupan sehari-hari.

Pesawat sendiri adalah alat yang digunakan untuk mempermudah melakukan suatu pekerjaan/usaha. Sebagai alat untuk mempermudah melakukan pekerjaan, pesawat terbagi atas dua macam yakni pesawat sederhana dan pesawat rumit.

Pesawat sederhana merupakan sistem sederhana yang dapat mengubah arah suatu gaya atau bahkan mengurangi besarnya suatu gaya dalam melakukan usaha. Besarnya nilai dalam mempermudah melakukan usaha tersebut dapat dilihat dari berapa besar keuntungan mekanis (KM) yang dimiliki oleh pesawat sederhana tersebut.

Jenis-jenis Pesawat Sederhana

Beberapa jenis pesawat sederhana yang sering dipelajari adalah pengungkit/tuas, bidang miring, katrol, dan roda berporos. Keempat jenis pesawat sederhana tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

Pengertian-pesawat-sederhana

  • pengungkit/tuas

Pengungkit/tuas merupakan pesawat sederhana yang digunakan untuk mengangkat, menggeser atau memindahkan kedudukan suatu benda yang cukup berat. Contoh pesawat sederhana jenis ini adalah pembuka botol, gunting, tang dan pembuka kaleng.

  • bidang miring
Baca juga:   Bentuk-bentuk Energi dalam Fisika

Bidang miring merupakan jenis pesawat sederhana yang digunakan untuk mempermudah memindahkan benda dari bawah ke atas atau sebaliknya. Contoh bidang miring adalah tangga, jalan berkelok di perbukitan dan ulir pada sekrup.

  • katrol

Katrol merupakan jenis pesawat sederhana yang sering digunakan untuk mengangkat benda atau mengubah arah gaya. Pada katrol biasanya terdapat tali untuk menghubungkan antara gaya yang menarik (kuasa) dan beban yang diangkat. Contoh katrol biasa dilihat pada katrol pengangkat timba air di sumur dan katrol pada ujung tiang bendera.

  • roda berporos

Roda berporos terdiri atas roda dengan poros yang dapat berputar bersama. Pesawat sederhana jenis ini merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah melakukan perpindahan. Contoh roda berporos dapat kita lihat pada motor, mobil, dan kursi roda.

2 Replies to “Pengertian Pesawat Sederhana dalam Fisika”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.