Pengertian Termometer Sebagai Alat Ukur Suhu

Artikel tentang pengertian termometer akan membahas tentang arti termometer sebagai alat untuk mengukur suhu. Dalam artikel ini juga akan dibahas empat macam skala termometer yang umum digunakan.

Pengertian termometer berasal dari bahasa Yunani yakni Thermo yang berarti suhu, dan Meter yang berarti mengukur. Dalam Fisika, pengertian termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu/temperatur suatu zat.

Pengertian termometer

Pembuatan termometer didasarkan pada penentuan titik beku air sebagai titik tetap bawah dan titik didih air sebagai titik tetap atas. Dalam penggunaannya, dikenal empat skala termometer, yaitu:

Termometer Skala Celcius

Skala Celcius diperkenalkan oleh seorang ilmuwan asal Swedia, Anders Celcius. Ia menetapkan bahwa titik beku air adalah 0oC dan titik didih air adalah 100oC.

Termometer Skala Reamur

Skala Reamur diperkenalkan oleh Rene Antoine Ferchault de Reamur tahun 1731. Reamur menetapkan bahwa jarak skala antara titik beku dan titik didih air adalah 80 skala, dimana titik beku air adalah 0 oR dan titik didih air adalah 80 oR.

Baca juga:   Rumus Konversi Suhu Termometer dalam Fisika

Termometer Skala Fahrenheit

Skala Fahrenheit diperkenalkan oleh Gabriel Daniel Fahrenheit. Menurut Fahrenheit jarak skala antara titik beku dan titik didih air adalah 180 skala. Ia menetapkan bahwa titik beku air sebesar 32 F dan titik didih air sebesar 212 oF.

Termometer Skala Kelvin

Skala Kelvin ditetapkan oleh Lord Kelvin dan diperkenalkan pada tahun 1954. Seperti halnya termometer skala Celcius, Ia menetapkan bahwa jarak skala antara titik beku dan titik didih air terdiri atas 100 skala. Titik beku air adalah 273 K dan titik didih air adalah 373 K.

Dari keempat skala termometer tersebut, termometer Skala Kelvin ditetapkan sebagai satuan Standar Internasional (SI) untuk suhu. Pada awalnya, skala Kelvin ditulis dengan menggunakan simbol derajat (o) diikuti simbol “K“, tapi pada tahun 1967 simbol tersebut dihilangkan dan hanya dituliskan dengan simbol “K” dibelakang angka suhu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.