Pengertian Transformator

Dalam artikel ini kita akan membahas pengertian transformator sebagai salah satu komponen elektronika. Transformator atau sering disebut dengan “Trafo” sering kita dengan dan sangat banyak digunakan dalam rangkaian elektronika.

Sebelum membahas tentang pengertian transformator, ada baiknya kita mengenal bentuk fisik dan komponen penyusun sebuah transformator terlebih dahulu.

Transformator terdiri dari dua gulungan/lilitan kawat. Lilitan pertama (yang berhubungan langsung dengan sumber tegangan) dinamakan lilitan primer dan lilitan kedua disebut lilitan sekunder. Untuk membuat lilitan, diperlukan tempat gulungan kawat yang terbuat dari besi yang berfungsi memperkuat medan magnet yang dihasilkan.

Secara fisik, sebuah transformator dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Pengertian-Transformator

Pengertian Transformator

Pengertian transformator adalah komponen elektromagnet yang dapat mengubah nilai tegangan bolak balik (AC). Dalam pengertian lain, transformator merupakan alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan.

Baca juga:   Prinsip Kerja Transformator

Berdasarkan pengertian transformator diatas dengan mudah dapat kita  simpulkan dua nama transformator yang sangat populer. Pertama, transformator untuk menaikkan tegangan (transformator step up); Kedua, transformator untuk menurunkan tegangan (transformator step down).

Dalam mempelajari transformator, terdapat parameter-parameter yang perlu kita ketahui antara lain sebagai berikut:

    • Lilitan Primer (Np)
    • Lilitan Sekunder (Ns)
    • Tegangan Primer (Vp)
    • Tegangan Sekunder (Vs)
    • Kuat arus primer (Ip)
  • Kuat arus sekunder (Is)

Hubungan parameter-parameter tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:

Pengertian Transformator

Penjelasan singkat diatas sepertinya sudah cukup mewakili pengertian transformator. Jika ada tambahan, kritik atau saran, silahkan tinggalkan komentar anda. Jangan lupa untuk membaca artikel tentang Contoh Soal Transformator untuk memperdalam pemahaman Anda.

2 Replies to “Pengertian Transformator”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.