Pengertian Usaha dalam Fisika

Kali ini kita akan membahas Pengertian Usaha dalam Fisika. Pengertian usaha dalam Fisika mungkin sedikit berbeda dengan pemahaman kita tentang pengertian usaha dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana pemahaman anda tentang usaha? Umumnya orang menganggap bahwa seseorang telah melakukan usaha jika orang tersebut telah mengeluarkan tenaga ataupun biaya dalam melakukan sesuatu. Orang bisa saja menganggap bahwa seorang anak telah melakukan usaha ketika mendorong dinding meskipun dinding tersebut tidak bergerak sama sekali.

Anggapan itu mungkin benar, tapi akan keliru jika kita melihatnya dari sudut pandang ilmu Fisika. Fisika sebagai salah satu ilmu yang berdasar pada fakta menganggap bahwa usaha selalu menghasilkan perubahan kedudukan, dalam hal ini usaha selalu menghasilkan perpindahan. So, jika ditinjau menurut ilmu Fisika, apakah anak yang mendorong dinding yang tetap diam tersebut dikatakan melakukan usaha?

Pengertian Usaha

Pengertian usaha dalam Fisika adalah besarnya gaya yang diperlukan oleh sebuah benda untuk membuat benda tersebut mengalami perpindahan. Hal utama yang membedakan pengertian usaha dalam Fisika dan pengertian usaha dalam kehidupan sehari-hari ialah adanya perpindahan.

Baca juga:   Rumus Energi Potensial

Defenisi Usaha secara matematis adalah hasil kali gaya dengan perpindahannya. Dalam hal ini, jika tidak ada perpindahan yang terjadi akibat gaya yang diberikan (perpindahan = 0), maka usaha yang dihasilkan adalah nol. Hal itulah yang menegaskan bahwa usaha dalam Fisika selalu harus menghasilkan perpindahan agar dapat dikatakan melakukan usaha.

Rumus Usaha secara matematis dituliskan sebagai:

W = F.s

dimana:

  • W = usaha (J)
  • F = gaya (N)
  • s = perpindahan (m)

Sebagai contoh, jika seorang anak mendorong kereta mainannya dengan gaya sebesar 40 Netwon hingga kereta tersebut berpindah sejauh 2 meter, maka besarnya Usaha yang dilakukan oleh anak tersebut adalah:

  • W = F.s
  • W = 40.2
  • W = 80 J

Jadi anak tersebut telah melakukan usaha sebesar 40 J untuk memindahkan kereta mainannya sejauh 2 meter.

2 Responses

  1. Wawan A

    Pembahsan bagus. Pengertian usaha secara umum menurut fisika adalah adalah perubahan energi. Sedangkan pengertian usaha adalah perkalian gaya yang segaris dengan perpindahan dan besar perpindahan itu pengertian usaha khusus untuk gerak. Jadi apabila seorang mendorong dinding tetapi dinding tidak bergerak, tetap orang tersebut melakukan usaha karena telah terjadi perubahan energi yaitu energi kimia berubah menjadi energi panas, hanya saja usaha oleh gaya orang tersebut tidak untuk gerak tetapi untuk panas sehingga tidak sesuai dengan tujuan (gerak) maka diberi nilai 0

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.