Pesawat Sederhana Tuas

Pesawat sederhana tuas merupakan satu pesawat yang dipelajari pada pelajaran pesawat sederhana. Pesawat sederhana tuas merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan benda/beban dengan cara mengungkit dengan memanfaatkan tumpuan.

Tuas merupakan salah satu pesawat sederhana yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa jenis alat yang memanfaatkan prinsip tuas antara lain: pembuka botol, jungkat jungkit, gunting, dan catut.

Pada artikel sebelumnya yang berjudul pengertian pesawat sederhana, telah dibahas tentang bagaimana peran pesawat sederhana dalam membantu melakukan usaha. Pesawat sederhana yang dimaksud adalah Tuas, Bidang miring, dan Katrol.

Perhatikan gambar pesawat sederhana tuas berikut ini:

pesawat sederhana tuas_1

Berdasarkan gambar diatas, pesawat sederhana tuas terdiri dari beban, titik tumpu, dan kuasa. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pesawat sederhana tuas adalah:

  • Jarak dari titik tumpu ke kuasa disebut lengan kuasa (lk)
  • Jarak dari titik tumpu ke beban disebut lengan beban (lb)

Secara matematis, rumus yang digunakan dalam perhitungan komponen tuas adalah sebagai berikut:

W x lb = F x lk

Dimana:

W = Beban; lb = Lengan beban; F = Kuasa; lk = Lengan Kuasa.

Baca juga:   Lampu Tenaga Surya Sederhana Buatan Sendiri

Aplikasi rumus tuas tersebut dapat juga anda baca dalam postingan sebelumnya tentang Pembahasan Soal Pesawat Sederhana Tuas di Pembahasan Soal Pesawat Sederhana UN 2015.

Untuk contoh soal penerapan rumus tuas diatas dapat anda lihat pada video Contoh Soal Tuas berikut ini:

3 Jenis Pesawat Sederhana Tuas

Jenis pesawat sederhana tuas dapat dikelompokkan berdasarkan letak titik tumpu, lengan kuasa, dan lengan beban sebagai berikut:

  • Tuas jenis pertama jika letak titik tumpu berada diantara lengan kuasa dan lengan beban. Contoh tuas jenis ini adalah palu, gunting kuku, jungkat jungkit, dan masih banyak lagi.
  • Tuas jenis kedua yaitu tuas yang posisi lengan beban berada di antara titik tumpu dan lengan kuasa. Contoh tuas ini antara lain: gerobak bakso, gerobak pasir, dan pembuka tutup botol, dan masih banyak lagi.
  • Tuas jenis ketiga yaitu tuas yang posisi lengan kuasa berada di antara lengan beban dan titik tumpu. Contoh tuas jenis ini adalah stapler, pemotong kertas, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.