Rumus Energi Potensial

Bahasan kali ini akan fokus dengan rumus energi potensial yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Rumus energi potensial dalam artikel ini akan disertai beberapa contoh soal agar lebih mudah dimengerti.

Seperti yang telah dibahas pada artikel tentang Bentuk-bentuk Energi dalam Fisika, Energi Potensial merupakan energi yang dimiliki oleh suatu benda karena kedudukan/posisi/ketinggiannya dari permukaan bumi. Energi tersebut tentu saja dipengaruhi oleh massa benda, gravitasi bumi, dan ketinggian benda tersebut dari permukaan bumi.

Energi-Potensial

Sebelum masuk ke rumus energi potensial, ada baiknya kita membahas faktor-faktor yang mempengaruhi energi potensial itu sendiri. Faktor-faktor yang dimaksud adalah:

Massa (m)

Massa benda sangat menentukan besarnya energi potensial. Semakin besar massa benda, semakin besar pula energi potensialnya. Contoh: Buah kelapa yang jatuh dari pohon, semakin besar massa kelapa yang jatuh, semakin kuat tumbukkannya terhadap tanah jika dibandingkan dengan buah kelapa yang bermassa kecil.

Baca juga:   Menghitung Gaya pada Bidang Miring

Gravitasi (g)

Gravitasi juga merupakan faktor penentu besar kecilnya energi potensial sebuah benda. Semakin besar gravitasi, semakin besar pula energi potensial sebuah benda.

Ketinggian (h)

Ketinggian benda dari permukaan bumi menunjukkan seberapa besar energi potensial benda. Sebuah kelapa yang jatuh dari pohonnya ke permukaan bumi memiliki besar energi potensial tertentu, tergantung dari tinggi kelapa tersebut ketika jatuh.

Rumus Energi Potensial

Dari faktor-faktor yang telah dibahas diatas, dapat diketahui bahwa rumus energi potensial adalah:

EP = m x g x h

Dengan:

EP = Energi Potensial (Joule)

m = Massa benda (kilogram)

g = gravitasi bumi (m/s2)

h = Ketinggian benda dari permukaan bumi (meter)

Untuk menambah pemahaman anda tentang rumus energi potensial, silahkan baca postingan berikutnya tentang Contoh Soal Energi Potensial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.