Rumus Kecepatan Gelombang

Kali ini Datasoal akan membahas rumus kecepatan gelombang. Sebenarnya, rumus kecepatan gelombang tidak jauh berbeda dengan rumus kecepatan pada pada umumnya, dimana kecepatan suatu benda merupakan perbandingan antara perpindahan (m) dan waktu (s).

Jika kita berbicara tentang gelombang yang diketahui beberapa variabelnya seperti jumlah gelombang, jarak antar gelombang, dan waktu tempuh gelombang, kita dapat menghitung kecepatan gelombang berdasarkan variabel tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut ini:

Rumus Kecepatan Gelombang Melibatkan Besaran Periode dan Frekuensi

Seperti halnya kecepatan benda yang bergerak pada suatu lintasan, rumus kecepatan gelombang juga dapat kita tuliskan sebagai berikut:

  • v = s/t

Gelombang-Transversal

Jika kita berbicara tentang rumus kecepatan gelombang, tentu kita juga harus memperhitungkan parameter-parameter seperti panjang gelombang (λ), Periode (T), dan Frekuensi (f). Parameter-parameter tersebut sebelumnya telah dijelaskan dalam artikel yang berjudul Pengertian Gelombang.

Parameter tersebut akan dituangkan kedalam rumus kecepatan gelombang yakni:

  • v = λ/T
  • v = λ . f

Dalam penerapannya ke soal, biasanya besaran yang ditanyakan adalah panjang gelombang, frekuensi, atau periode; sehingga rumus kecepatan gelombang tersebut diubah menjadi beberapa rumus sebagai berikut:

  • λ = v x T
  • λ = v/f
  • T = λ/v
  • f = v/λ
Baca juga:   Getaran Pada Pegas

Keterangan:

  • v = kecepatan gelombang (m/s)
  • λ = panjang gelombang (meter)
  • T = periode gelombang (sekon)
  • f = frekuensi gelombang (hertz)

Jika kita mengandalkan hafalan untuk mengingat rumus – rumus kecepatan gelombang diatas sepertinya akan menjadi kesulitan tersendiri, mengingat banyaknya kombinasi yang terbentuk. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita memahami hingga terbentuk kombinasi rumus baru.

Persamaan-persamaan tambahan diatas hanyalah persamaan yang muncul karena salah variabel ditanyakan sehingga rumus pun harus diubah menggunakan operasi matematika. Ingat, perubahan rumus hanyalah menggunakan operasi matematika, tidak lebih dari itu.

(Rumus kecepatan gelombang ini secara rinci telah dibahas dalam postingan yang berjudul Gelombang Transversal).

Sepertinya postingan tentang rumus kecepatan gelombang cukup sampai disini saja ya. Postingan tentang contoh penerapan rumus kecepatan gelombang akan kita bahas di postingan selanjutnya.

Terima kasih sudah mau mampir membaca postingan tentang Rumus Kecepatan Gelombang. Jika Anda merasa bahwa postingan ini bermanfaat, jangan sungkan untuk memberi Like, Share atau Google+1 agar dapat bermanfaat bagi teman-teman lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.