Sifat Cermin Cekung

Artikel ini membahas tentang sifat cermin cekung yang mungkin sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sifat cermin cekung secara umum adalah mengumpulkan cahaya, atau biasa dikenal dengan istilah konvergen.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang sifat cermin cekung, ada baiknya kita mengetahui pengertian cermin cekung, yakni mengenal bagian-bagian cermin cekung secara fisik.

Cermin cekung merupakan cermin yang mempunyai bidang pemantul melengkung kedalam. Karena bagian yang memantulkan cahaya berada didepan cermin, otomatis titik fokus dan titik pusat kelengkungan cermin cekung juga berada di depan cermin.

Sifat-Cermin-Cekung

Sinar Istimewa Cermin Cekung

Pemantulan cahaya pada cermin cekung memiliki sifat istimewa. Sifat tersebut dikenal dengan sifat sinar istimewa pada cermin cekung yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Sinar yang datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan melalui titik fokus
  • Sinar yang datang menuju titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama
  • Sinar yang menuju titik pusat kelengkungan cermin, akan dipantulkan kembali melalui titik pusat kelengkungan cermin

Sinar istimewa cermin cekung diatas dapat dijelaskan pada gambar di bawah ini:

Baca juga:   5 Sifat Bayangan Cermin Cekung - Pembagian Ruang

Sinar Istimewa Cermin Cekung

Pada gambar diatas, dijelaskan bahwa benda yang terletak pada jarak tertentu dari cermin cekung dapat dijelaskan sifat bayangannya dengan menggambarkan proses pemantulan sesuai dengan sinar istimewanya. Titik pertemuan garis-garis pemantulan merupakan tempat dimana bayangan tersebut terjadi. Baca juga postingan menarik tentang 5 Sifat Bayangan Cermin Cekung.

Jarak benda (s), jarak bayangan (s), dan titik fokus cermin (f) dapat dituliskan secara matematis sebagai berikut:

Rumus-Cermin-Cekung-dan-Cermin-Cembung

Perbesaran bayangan (M = magnification) yang dihasilkan oleh cermin cekung bisa kita dapatkan dengan membandingkan jarak bayangan terhadap jarak benda dari depan cermin. Perbesaran tersebut juga bisa kita dapatkan dari perbandingan antara tinggi bayangan (h’) dengan tinggi benda (h). Secara matematis, perbesaran bayangan dapat dituliskan sebagai berikut:

Perbesaran-bayangan

Persamaan diatas berlaku juga untuk cermin cembung, lensa cembung dan lensa cekung yang akan kita bahas dalam postingan berikutnya. Semoga artikel tentang sifat cermin cekung ini dapat bermanfaat bagi kegiatan belajar anda.

2 Replies to “Sifat Cermin Cekung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.