Sumber Arus Listrik Searah

Sumber arus listrik dapat dibedakan menjadi dua, yakni sumber arus listrik searah (DC) dan sumber arus listrik bolak balik (AC).

Seperti yang telah dibahas dalam artikel pengertian arus listrik, arus listrik terdiri dari arus listrik searah (DC) dan arus listrik bolak balik (AC). Kedua macam arus listrik tersebut dihasilkan oleh sumber arus listrik yang berbeda.

Sumber arus listrik searah berasal dari beberapa sumber seperti elemen elektrokimia, generator arus searah, termo elemen dan sel surya.

Sumber Arus Listrik Searah

Elemen Elektrokimia

Elemen Primer, merupakan sumber arus listrik searah yang tidak dapat diisi kembali jika energinya habis. Contoh: Elemen kering (Baterai), Elemen Volta, dan Elemen Daniell.

Elemen Sekunder, merupakan sumber arus listrik searah yang dapat diisi kembali setelah energinya habis. Contoh: Akumulator (Aki), Baterai NICAD, dan beberapa jenis baterai lain yang biasa digunakan pada alat elektronik.

Termo Elemen

Termo Elemen merupakan sumber yang dapat menghasilkan arus dengan memanfaatkan adanya perbedaan suhu di dua titik. Secara sederhana, Termo elemen mengubah energi panas menjadi energi listrik.

Baca juga:   Alat Ukur Arus Listrik

Energi yang dihasilkan oleh Termo elemen masih relatif kecil, sehingga belum dapat diaplikasikan secara luas dalam kehidupan sehari-hari.

Generator Arus Searah

Generator arus searah mengubah energi gerak menjadi arus listrik searah. Contoh paling sederhana dapat dijumpai pada Dinamo Sepeda.

Generator arus searah terdiri dari bagian yang diam (stator) dan bagian bergerak (rotor) yang berfungsi untuk menghasilkan arus listrik akibat adanya perubahan medan magnet. Perubahan medan magnet disebabkan oleh gerakan rotor (kumparan) diantara magnet yang diam (Stator).

Sel Surya

Sel Surya merupakan pembangkit listrik yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Proses perubahan energi cahaya menjadi energi listrik biasa disebut sebagai photovoltaic.

Sel surya biasanya terdiri dari semi konduktor Silikon yang memanfaatkan Alumunium foil sebagai penangkap panas. Semakin banyak cahaya yang masuk, maka akan semakin besar arus listrik yang dihasilkan.

2 Replies to “Sumber Arus Listrik Searah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.